Beranda / Berita / Artikel / 5 bahan bangunan untuk konstruksi tahan gempa
Senin, April 03 2017

5 Bahan Bangunan Untuk Konstruksi Tahan Gempa



Sebagai tempat berlindung, tentu semua orang menginginkan bangunan yang aman, nyaman, dan tahan lama. Namun, bencana alam seperti gempa dapat menimbulkan kerusakan pada bangunan yang tidak dapat dihindari. Untuk mengurangi risiko kerusakan, Anda dapat menggunakan bahan bangunan tahan gempa berikut:

1. Bambu dan Kayu
Banyak orang menganggap bahwa bambu dan kayu adalah material yang kuno dan rapuh. Namun faktanya, material bangunan ini cukup kuat dan tahan terhadap gempa. Banyak rumah tradisional telah memakai material ini sejak dulu karena material ini terbukti kekuatannya.

2. Bata Ringan
Prinsip bangunan tahan gempa adalah penggunaan material yang ringan namun kuat untuk meminimalkan bahaya bagi penghuni maupun risiko kerusakan bangunan. Salah satu material ringan yang dapat Anda gunakan adalah bata ringan. Material ini cocok digunakan untuk dinding bangunan.

3. Baja Ringan

Selain bata ringan, material bangunan ringan lainnya yang dapat Anda gunakan adalah baja ringan. Selain bobotnya yang ringan, strukturnya yang fleksibel memungkinkan baja ringan untuk bergerak mengikuti guncangan, sehingga material ini tidak mudah roboh atau rusak saat terjadi gempa. Baja ringan cocok diaplikasikan untuk rangka atap bangunan.

Dengan menggunakan material bangunan tahan gempa, Anda dapat meminimalkan risiko bahaya dan kerusakan pada bangunan. Selain material di atas, Anda juga perlu memperhatikan material utama yang digunakan, salah satunya adalah semen. Untuk bangunan yang lebih kuat dan tahan lama, gunakanlah semen berkualitas premium seperti Semen Merah Putih.
Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.