Beranda / Berita / Artikel / 3 tips renovasi teras rumah secara efektif
Senin, Juni 05 2017

3 Tips Renovasi Teras Rumah Secara Efektif



Teras adalah ruangan terbuka yang terletak di bagian depan rumah, dan dapat terlihat dengan jelas dari luar rumah. Ruangan terbuka ini biasanya dimanfaatkan untuk bersantai, mengobrol ataupun menerima tamu. Meskipun ukuran ruangan ini umumnya tidak terlalu besar, namun penampilan teras dapat mempengaruhi penampilan keseluruhan rumah Anda. Dengan sentuhan-sentuhan yang tepat, teras Anda dapat terlihat menarik dan segar. Ukuran teras yang tidak terlalu besar bukanlah halangan bagi Anda untuk berkreasi dalam menghias teras rumah. Apabila Anda berencana untuk melakukan renovasi pada teras rumah, pastikan Anda mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Kombinasikan Material Berbeda untuk Sentuhan Unik

Untuk tampilan teras yang unik dan menarik, Anda dapat mengkombinasikan material yang berbeda pada teras rumah. Pengkombinasian material pada teras rumah tidak hanya terbatas pada furnitur teras, namun juga pada dinding, plafon, pintu, tiang, maupun lantai teras. Contoh material yang umumnya digunakan pada teras rumah adalah keramik, batu koral, batu bata, kayu, dan semen. Saat mengkombinasikan material, sebaiknya kombinasikan material berwarna hangat dengan material yang berwarna dingin, seperti semen dengan kayu. Material kayu dapat Anda terapkan pada furnitur, dan material semen dapat Anda terapkan pada dinding rumah. Untuk mendapatkan hasil dinding rumah yang kuat dan tahan lama, pastikan Anda menggunakan Semen Merah Putih yang telah teruji kualitasnya.

2. Perhatikan Pemilihan Warna Ruang Teras Rumah

Meskipun Anda dianjurkan untuk mengkombinasikan material berbeda pada teras rumah, jangan lupa untuk memperhatikan kombinasi warna pada teras. Kombinasi warna yang terlalu bertabrakan atau tidak cocok dapat merusak tampilan teras rumah dan mempengaruhi tampilan keseluruhan rumah. Rencanakan matang-matang desain dan konsep ruangan sebelum memulai proses renovasi. Perencanaan konsep dan desain ruangan yang matang dapat meminimalisir risiko kesalahan pemilihan warna dan meminimalisir kerugian yang diakibatkan kesalahan pembelian furnitur ruangan. Sesuaikan juga konsep teras dengan konsep keseluruhan bangunan Anda, agar teras rumah dapat terlihat menyatu dengan keseluruhan rumah Anda.

3. Berikan Sentuhan Unsur Hijau di Teras Rumah

Untuk menambah kesan natural pada rumah, berikanlah sentuhan hijau pada teras dengan penempatan tanaman. Hiaslah teras dengan tanaman-tanaman dalam pot yang diletakkan di sekitar area teras rumah. Tanaman tidak harus ditempatkan langsung pada teras rumah, melainkan dapat juga ditempatkan di sekitar teras rumah, seperti di sudut teras. Selain itu, Anda juga dapat menambah unsur hijau yang alami pada teras dengan menggunakan pot gantung di sekeliling teras rumah. Contoh tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik area teras adalah Begonia, Lili Paris, Kaktus, Lidah Mertua, Krisan, Bougenville, Tanduk Rusa, dan Anggrek. Teras rumah umumnya terletak berdekatan dengan taman, maka penuhilah area taman Anda, agar unsur hijau yang alami juga dapat memberikan sentuhan tertentu pada teras rumah. Pemanfaatan taman yang terletak dekat dengan teras dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin teras rumah kotor terkena tanah dari tanaman.

Renovasi rumah bukanlah hal yang mudah. Meskipun renovasi hanya dilakukan pada satu ruangan, perencanaan yang matang dan proses renovasi yang efektif tetaplah dibutuhkan untuk menghindari kerugian yang disebabkan kesalahan perencanaan maupun eksekusi saat renovasi. Tips-tips di atas dapat membantu Anda melakukan renovasi dengan efektif, agar Anda dapat meminimalisir pengeluaran dan mengurangi risiko kerusakan bangunan di kemudian hari.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.