Beranda / Berita / Artikel / Mengenal 3 bahan bangunan unik dan inovatif
Senin, Mei 29 2017

Mengenal 3 Bahan Bangunan Unik dan Inovatif



Seiring berjalannya waktu, dunia pun semakin berkembang dan inovasi terus menerus bermunculan. Perkembangan ini memungkinkan manusia untuk terus berkreasi dan mengeksplor beragam bidang secara lebih mendalam. Salah satunya adalah bidang konstruksi bangunan. Meskipun jarang dibicarakan, bidang konstruksi bangunan menyimpan banyak inovasi bahan bangunan yang unik dan berguna. Berikut adalah beberapa contoh bahan bangunan inovatif :

  1. Keramik Komposit Beton untuk Plat Lantai

Keramik komposit beton adalah inovasi bahan bangunan yang dibuat dari tanah liat dan dicetak menjadi bentuk yang menyerupai bata, namun dengan rongga berbentuk huruf V di tengahnya. Struktur berongga tersebut membuat material ini cukup kuat untuk dijadikan plat lantai. Keramik komposit beton umumnya digunakan pada rumah bertingkat, karena strukturnya yang kuat dan memadai untuk digunakan sebagai lantai atas rumah. Agar struktur keramik lebih kuat, letakkanlah tulangan baja pada keempat sisi keramik secara searah. Setelah itu, rekatkan rangkaian keramik dengan menggunakan beton. Pengecoran hanya perlu dilakukan pada celah keramik dan lapisan atas rangkaian plat keramik dengan ketebalan 1-3 cm. Jangan mengaplikasikan beton terlalu tipis maupun terlalu tebal, karena hal tersebut dapat mempengaruhi struktir plat keramik. Bagian bawah plat keramik tidak perlu dicor.

  1. Beton Transparan untuk Dinding Bangunan

Beton adalah material yang hampir selalu digunakan dalam konstruksi bangunan. Biasanya, ruangan dengan dinding beton identik dengan kesan tertutup dan gelap. Inovasi beton transparan ini tentunya dapat mengubah persepsi Anda terhadap dinding beton. Sesuai dengan namanya, beton transparan memiliki celah-celah transparan yang memungkinkan cahaya menembus dinding. Beton jenis ini dapat ditembus cahaya karena adanya fiber optic dalam material pembuatannya. Beton transparan sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia konstruksi bangunan. Gagasan inovasi beton transparan sudah muncul sejak tahun 1935, namun pada saat itu teknologi fiber optic belum mengalami perkembangan seperti sekarang, sehingga inovasi ini belum dapat dijalankan dengan baik.

  1. Panel Surya Transparan untuk Kaca Jendela

Bahan bangunan unik dan inovatif lainnya adalah panel surya transparan. Jika pada umumnya panel surya hanya berupa lempengan persegi yang diletakkan di tempat yang tereskpos sinar matahari secara langsung, saat ini panel surya dapat digunakan juga sebagai bahan bangunan. Sekelompok peneliti dari sebuah perusahaan teknologi di Amerika Serikat telah berhasil mengembangkan inovasi jendela transparan yang mampu menghasilkan listrik. Kaca yang digunakan pada jendela ini memiliki lapisan tambahan yang berfungsi sebagai penghasil listrik. Karena lapisannya yang tembus pandang, panel surya ini juga dapat digunakan sebagai kaca jendela pada bangunan. Tampilan luarnya pun terlihat seperti kaca jendela bangunan pada umumnya.

Harga material bangunan yang umumnya dianggap cukup mahal dan bentuk maupun fungsi bahan bangunan yang terlalu monoton, membuat banyak orang mulai mencari alternatif barang bangunan baru yang unik dan inovatif. Bahan bangunan ini umumnya dirancang agar lebih ekonomis dibandingkan bahan bangunan biasa, dan dari segi tampilan pun bahan bangunan ini terlihat lebih modern dan futuristik. Meskipun begitu, tentunya setiap bahan bangunan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan bahan bangunan terlebih dahulu sebelum menggunakannya dalam proses konstruksi. Agar bangunan kuat dan tahan lama, gunakanlah material bangunan yang berkualitas saat proses konstruksi. Salah satunya untuk material semen, gunakan selalu semen berkualitas premium, seperti Semen Merah Putih.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.