Beranda / Berita / Artikel / Kelebihan dan fungsi beton bertulang pada konstruksi
Senin, Oktober 23 2017

Kelebihan dan Fungsi Beton Bertulang Pada Konstruksi



Dalam proses konstruksi rumah, banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil konstruksi yang berkualitas. Mulai dari anggaran konstruksi, waktu pelaksanaan konstruksi, teknis pelaksanaan konstruksi, sampai tenaga kerja konstruksi. Selain itu, salah satu hal krusial lainnya yang sangat menentukan hasil konstruksi adalah pemilihan material konstruksi.

Salah satu material yang seringkali digunakan dalam konstruksi rumah adalah beton bertulang. Beton bertulang adalah jenis beton yang di dalamnya ditanami tulangan baja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan beton. Jenis beton ini sangat populer digunakan tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Beton bertulang dengan beragam manfaatnya merupakan pilihan material yang bijak untuk proses konstruksi rumah impian Anda.

Beton bertulang memiliki cukup banyak kelebihan. Beton jenis ini memiliki kekuatan tarik yang lebih besar dari beton biasa, karena dalam proses proses pembuatannya, beton ditanami tulangan baja. Kombinasi ini membuat beton bertulang mampu menahan gaya tarik sekaligus kuat menahan gaya tekan. Beton bertulang juga memiliki sifat yang tahan terhadap getaran. Hal ini memungkinkan bangunan rumah memiliki daya tahan lebih awet dan menekan biaya perawatan.

Material beton bertulang terdiri dari pasir, kerikil, tulangan baja, serta semen dan air sebagai bahan pengikat. Material-material pembuat beton jenis ini mudah didapat di Indonesia, dan proses produksinya juga tergolong mudah. Selain itu, beton bertulang juga mudah dibentuk sesuai keinginan dan kebutuhan konstruksi Anda.

Beton bertulang seringkali dijadikan pilihan untuk material konstruksi umum, seperti untuk pembangunan gedung, jembatan, bendungan, terowongan, fasilitas irigasi, dinding penahan tanah, tangki, dan sebagainya. Selain digunakan untuk konstruksi umum, material ini juga cocok untuk digunakan pada konstruksi rumah sebagai pengganti kayu, bambu, dan material lainnya. Beton bertulang umumnya digunakan pada struktur bangunan karena sifatnya yang kuat. Oleh karena itu, material ini sering digunakan untuk bagian pondasi, balok ikat, plat beton, kolom, balok, maupun dinding geser. Tidak hanya itu, beton bertulang juga dapat Anda gunakan untuk furnitur rumah. Salah satu penggunaan yang paling umum adalah untuk daun meja beton, bangku taman beton, dan dinding dekoratif pembatas di taman. Dengan menggunakan bahan dasar beton, Anda dapat menambahkan sentuhan industrial yang cantik pada hunian Anda.

Perencanaan konstruksi dapat membantu Anda menyediakan waktu yang cukup untuk konstruksi rumah. Selain itu, jangan lupa untuk teliti dalam memilih beton yang akan Anda gunakan. Untuk hasil konstruksi yang kuat, tahan lama, dan berkualitas, pastikan Anda menggunakan produk Merah Putih Beton yang dirancang untuk beragam aplikasi sesuai dengan permintaan konsumen. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan mutu dan dapat digunakan untuk pembangunan berbagai konstruksi dan infrastruktur serta pembangunan lainnya.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.