Beranda / Berita / Siaran Pers / Dukung mp3ei, semen merah putih realisasikan pabrik 4 juta ton
Rabu, September 11 2013

Dukung MP3EI, Semen Merah Putih Realisasikan Pabrik 4 Juta Ton



JAKARTA, 10 September 2013– Seiring dengan berkembangnya perekonomian Indonesia, kebutuhan akan infrastuktur dan konstruksi meningkat secara cepat. Untuk menunjang kebutuhan bahan baku berkualitas, produsen semen merek Semen Merah Putih merealisasi pembangunan pabrik terintegrasi pertamanya yang berlokasi di area seluas +/- 500 Hektar di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten.

Pabrik milik PT Cemindo Gemilang ini juga merupakan bentuk dukungan atas program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dijalankan pemerintah Indonesia.

Menandai dimulainya konstruksi fisik pabrik, acara ground breaking akan dihadiri Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa, beberapa menteri kabinet, sejumlah pejabat daerah, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Selain terpadu, pabrik ini didirikan dengan visi green project dan green factory dimana dampak-dampak lingkungan hidup yang mungkin akan timbul telah terantisipasi dan terkelola dengan baik, ungkap Direktur Utama, PT Cemindo Gemilang, Aan Selamat dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (10/9).

Pabrik ini juga dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan (terminal khusus) dengan kedalaman dermaga hingga 13 meter yang siap menampung kapal dengan bobot mati 30.000 dwt. Sumber energi pabrik ini selain dipasok batu bara, juga menggunakan energi listrik sebesar 60 Mega watt yang dialirkan dari PLTU Pelabuhan Ratu.

Bayah menjadi tempat yang menjanjikan untuk industri semen, karena daerah ini menyediakan sumber utama baku semen yang komplet. “Ini yang membuat kami memilih Bayah sebagai pabrik semen, karena potensinya bagus,” tambah Aan.


Mempercepat Pembangunan Ekonomi dan Infrastruktur
“Kami harap, dengan dimulainya pembangunan pabrik ini, maka rencana peningkatan infrastruktur di daerah dan nasional dalam jangka panjang juga bisa terealisasi,” ungkap Aan. Lebih lanjut Aan mengatakan bahwa pabrik Semen Merah Putih ini merupakan proyek MP3EI satu-satunya di kawasan selatan Banten dengan nilai investasi lebih dari USD 600 juta. Proyek ini diharapkan memiliki multiple effect secara ekonomi dan berdampak positif untuk daerah Lebak dan sekitarnya, dengan meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat setempat.

PT Cemindo sendiri menargetkan, pabrik akan mulai beroperasi pada pertengahan 2015. Pada masa pembangunan, pabrik ini menyerap setidaknya 4.000 tenaga kerja yang sebagian besar berasal dari masyarakat lokal. “Saat inipun pengaruh pabrik ini sudah tampak, karena banyak lapangan usaha baru yang buka,” kata Aan lagi.

Dengan kapasitas 10.000 ton clinker per hari, Cemindo menargetkan bisa memproduksi sebanyak 4 juta ton semen pertahun. Cemindo berharap dapat berkontribusi terhadap permintaan semen yang pada 2015 diperkirakan mencapai 70 juta ton, dan akan naik sampai 10% pada tahun berikutnya.

“Permintaan semen akan luar biasa tinggi, jadi tanpa pembangunan pabrik-pabrik baru, di masa mendatang Indonesia akan kekurangan pasokan semen,” ungkapnya.

Data dari perekonomian Indonesia, kebutuhan semen akan meningkat seiring dengan kenaikan pendapatan perkapita Indonesia yang diperkirakan mencapai USD 14.250-15.500 pada 2025.
Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.