Beranda / Berita / Artikel / Cara memasang mozaik pada dinding semen
Senin, Juli 17 2017

Cara Memasang Mozaik pada Dinding Semen



Dinding dan lantai adalah dua elemen bangunan yang mendominasi keseluruhan bangunan. Banyak orang memilih untuk memfokuskan dekorasi bangunan pada kedua elemen tersebut. Terdapat banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menghias dinding dan lantai, salah satunya dengan menggunakan keramik. Keramik yang umumnya digunakan adalah keramik lembaran polos, namun keramik mozaik juga dapat menjadi pilihan tepat untuk dekorasi rumah. Keramik mozaik tersedia dalam beragam kombinasi warna, tekstur, dan pola yang menarik dan dapat mempercantik tampilan bangunan Anda. Jenis keramik ini umumnya digunakan sebagai elemen dekoratif rumah, atau sebagai hiasan di bidang-bidang tertentu seperti dinding kamar mandi, dinding meja dapur dan bagian kepala tempat tidur. Pemasangan keramik mozaik pun dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan tahapan sederhana berikut:

  1. Persiapan

Sebelum memasang keramik mozaik, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu keramik mozaik yang besarnya sesuai dengan bidang yang akan dipasangi keramik, campuran semen, pengisi nat, alat perata semen, sendok semen, ember untuk semen, sikat berbahan nilon, papan triplek untuk meratakan susunan mozaik, kain lap, dan air secukupnya. Pastikan bidang yang akan dipasangi keramik mozaik sudah rata dengan sempurna dan tidak terdapat gelombang, kemudian bersihkan permukaan sampai bersih dan bebas dari kotoran. Bidang yang rata dan bersih dapat mempermudah proses pemasangan keramik mozaik serta membuat hasil pasangan keramik lebih kuat dan tahan lama.

  1. Pemasangan Keramik

Setelah persiapan selesai dilakukan, baurkan campuran semen secara merata ke permukaan bidang yang akan dipasangi keramik mozaik. Lapisan semen ini tidak perlu terlalu tebal, hanya sekitar 1-2 cm seperti saat memasang keramik biasa. Setelah campuran semen terbaur merata, letakkan lembaran keramik mozaik yang Anda inginkan di atas campuran semen. Apabila bidang pemasangan menggantung atau vertikal, berilah pengganjal untuk menahan keramik agar tidak lepas dan terjatuh selama proses pengeringan. Setelah keramik mozaik diletakkan di atas semen, tekan permukaan keramik mozaik dengan papan triplek agar keramik merekat dengan semen secara merata, lalu lanjutkan memasang lembaran keramik mozaik lainnya sampai seluruh bidang tertutup sempurna. Gunakan papan triplek yang lebih besar untuk meratakan ketinggian lembaran-lembaran keramik yang telah dipasang agar tidak terlihat berantakan.

  1. Pengeringan Semen dan Proses Finishing

Setelah seluruh bidang terpasang rata, biarkan semen mengering selama sekitar 1-2 hari. Jika semen sudah mengering, isilah celah antara lembaran keramik mozaik dengan pengisi nat. Pengisian nat tidak perlu terlalu tebal dan rata dengan permukaan keramik karena akan merusak tampilan keseluruhan keramik, sebaiknya bagian celah antar lembaran keramik dibuat sedikit cekung. Setelah nat terisi, diamkan selama 30 menit lalu bersihkan keramik mozaik dengan lap basah. Kemudian biarkan nat mengering sempurna selama minimal 2 jam, dan sikat permukaan mozaik menggunakan sikat berbahan nilon. Bersihkan sisa nat yang masih menempel pada keramik mozaik dengan alat pengikis semen, dan pemasangan keramik mozaik pun selesai dipasang.

Selain cara pemasangannya yang cukup mudah, keramik mozaik juga memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Jenis keramik ini mudah dipotong dengan gunting untuk menyesuaikan bidang, karena alas susunan keramik mozaik berupa jaring. Varian warna dan pola yang disediakan pun beragam, dari bentuk geometris, huruf, sampai motif abstrak. Keramik mozaik juga memiliki daya serap air yang rendah, sehingga mudah untuk dibersihkan dan tahan terhadap perubahan cuaca. Agar keramik mozaik lebih kuat dan tahan lama, jangan lupa gunakan semen berkualitas premium yang telah teruji kualitasnya, seperti Semen Merah Putih.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.