Beranda / Berita / Siaran Pers / Apresiasi retailers, market share semen merah putih meningkat
Senin, Agustus 24 2015

Apresiasi Retailers, Market Share Semen Merah Putih Meningkat



JAKARTA, 22 Agustus 2015— PT Cemindo Gemilang, produsen Semen Merah Putih, terus meneguhkan eksistensinya di industri semen di Tanah Air. Selain mempercepat beroperasinya pabrik semen terintegrasi di Bayah, Banten yang direncanakan akan mulai produksi pada September tahun ini, juga menguatkan jaringan retailers khususnya yang ada di Jabodetabek-Banten.
 
Saat ini, lebih dari 1.500 retailers yang terdiri dari toko-toko bangunan di pasar utama Semen Merah Putih yang ada di Jabodetabek-Banten. “Para retailers ini merupakan ujung tombak bagi Semen Merah Putih untuk penetrasi pasar. Saat ini market share Semen Merah Putih sudah mencapai 3,68 persen, bertumbuh sebesar 440 persen sejak Semen Merah Putih diluncurkan tahun 2012,” ujar Direktur Utama PT Cemindo Gemilang Tony Liu dalam keterangan resminya (22/8).
 
Dijelaskan, pihaknya menggelar acara jumpa bareng dengan retailers setiap tahun dengan tema berbeda. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah “Space Journey to Our Future” setelah tahun sebelumnya, 2014, mengusung tema “Love is in The Air” dan tahun 2013 digelar “Karnaval”.
 
“Acara ini merupakan wujud apresiasi kami kepada para retailers. Dengan tema berbeda yang diusung setiap tahun, kami ingin meneguhkan komitmen para retailers untuk mendukung pengembangan dan pemasaran Semen Merah Putih di Tanah Air,” ujarnya.
 
Dengan semen berkualitas premium yang memiliki tiga keunggulan utama yaitu lebih kuat, tahan lama dan mudah diaplikasikan, dirinya yakin bahwa Semen Merah Putih akan semakin cepat dikenal masyarakat. Apalagi, dengan dukungan 50.000 tukang bangunan dan akan bertambah menjadi 100.000 di tahun depan yang telah diperkenalkan dengan produk Semen Merah Putih, membuat penguasaan pasar di industri semen akan terus meningkat.
 
Keyakinan ini tak berlebihan, mengingat pasokan Semen Merah Putih akan bertambah seiring dengan beroperasinya pabrik semen terintegrasi di Bayah berkapasitas 4 juta ton semen pada September 2015. Didukung pula dengan pabrik penggilingan semen di Ciwandan berkapasitas 1,75 juta ton semen per tahun dan di Gresik berkapasitas 1 juta ton semen per tahun serta pabrik pengemasan di Pontianak berkapasitas 500.000 ton semen per tahun. Total di akhir tahun 2015 ini, kapasitas produksi Semen Merah Putih mencapai 6,75 juta ton semen per tahun.
 
Ditegaskan bahwa kualitas produk Semen Merah Putih menjadi perhatian utama bagi semua yang ada di Cemindo Gemilang. “Kuncinya terletak di quality control yang ketat dan mumpuni. Tujuannya agar diperoleh produk semen berkualitas premium dengan harga kompetitif. Ini yang menjadi concern kami semua,” ujarnya.
Besarnya pasokan semen berkualitas premium dan harga kompetitif membuat Oza Guswara, GM Sales and Marketing PT Cemindo Gemilang optimistis bahwa penjualan Semen Merah Putih tahun 2015 ini akan meningkat double digit dibanding tahun 2014 yang mencapai 2 juta ton dan 750.000 ton di tahun 2013. “Saat ini Semen Merah Putih telah dipasarkan dan distribusikan di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Dengan kuatnya jaringan retailers terutama di pasar utama Semen Merah Putih di Jabodetabek-Banten, tentu akan memperbesar penguasaan pasar di industri semen di Indonesia,” ujarnya saat ditemui usai acara retailers gathering di The Kasablanka, Jakarta Selatan.
 
Oza menuturkan bahwa banyak terobosan yang telah dilakukan untuk memperkuat jaringan distribusi dan pemasaran Semen Merah Putih. Salah satunya dengan memberi kemudahan bagi semua toko bangunan yang menjual produk Semen Merah Putih berupa diskon, ekstra sak semen, cash back, promosi ATL dan BTL hingga wisata ke luar negeri dengan tujuan negara berbeda setiap tahunnya.
 
“Bagi kami, para retailers ini merupakan ujung tombak pemasaran produk Semen Merah Putih. Karena itu, tak berlebihan jika kami memberikan perhatian lebih kepada mereka agar produk Semen Merah Putih semakin dikenal di masyarakat,” tegasnya.
 
Wujud apresiasi ini memang telah dirasakan oleh sejumlah retailers yang tersebar di Jabodetabek-Banten. Sebut saja Susanto, pemilik toko bangunan ‘Medang Jaya’ di Serpong, Banten. Berjualan sejak tahun 2012, Susanto merasakan program Semen Merah Putih yang berbeda dibandingkan promo perusahaan semen lainnya.
 
“Konsumen saat ini lebih memilih semen Merah Putih karena mereka telah mengenal kualitasnya dan harganya tak jauh berbeda. Alasan ini pula yang menyebabkan jumlah pembeli terus meningkat setiap tahunnya,” ujar Susanto yang tahun ini menikmati wisata ke Tokyo setelah tahun sebelumnya ke Shanghai dan Korea.
 
Hal senada juga dikemukakan Murti, pemilik toko bangunan Terus Jaya di Malimping, Banten. Dengan rata-rata menjual 1.000 ton setiap bulan, dia juga bisa menikmati jalan-jalan ke Korea dan Shanghai. “Tahun ini saya belum memutuskan pergi ke Tokyo, atau Bangkok,” ujarnya sambil tertawa.
 
Baik Susanto maupun Murti menginginkan agar Semen Merah Putih mempertahankan berbagai kemudahan dan promosi yang telah dijalankan selama ini, mulai dari cash back, ekstra sak semen untuk jumlah pembelian tertentu, wisata ke luar negeri, gathering dan lainnya. (**)
Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.