Beranda / Berita / Artikel / 3 langkah mudah membuat meja industrial dari semen
Senin, September 04 2017

3 Langkah Mudah Membuat Meja Industrial dari Semen



Pada rumah berkonsep industrial, semen menjadi bahan dasar yang seringkali ditonjolkan, baik pada struktur rumah maupun furnitur rumah. Furnitur yang umumnya dikreasikan dengan bahan dasar semen adalah meja. Dengan menambahkan satu buah meja semen, Anda dapat menonjolkan kesan industrial pada ruangan. Meskipun begitu, kendala utama yang sering dihadapi para pemilik rumah berkonsep industrial adalah harga meja dan biaya pengangkutannya yang terbilang mahal. Padahal, Anda juga dapat membuat meja berbahan dasar semen sendiri di rumah dengan 3 langkah mudah berikut:

  1. Persiapan Alat, Bahan, dan Cetakan

Sebelum memulai proses pembuatan meja, Anda perlu menyiapkan alat, bahan, dan cetakan terlebih dahulu. Alat dan bahan yang diperlukan antara lain adalah semen, pasir, besi wiremesh, triplek, sarung tangan, lem sealant, lakban, amplas, sekrup, dan bor. Untuk membuat cetakan, potonglah triplek menjadi 5 bagian. Satu bagian lebar untuk alas bawah cetakan, dan 4 bagian untuk sisi cetakan. Rakit potongan triplek tersebut menjadi cetakan dengan menggunakan sekrup dan bor. Setelah bagian-bagian cetakan selesai dirakit dengan kuat, tutuplah celah di sambungan triplek dengan menggunakan lakban, lalu aplikasikan lem sealant agar cairan semen tidak bocor ke luar cetakan.

  1. Pembuatan Meja Beton

Selain mempersiapkan cetakan, Anda juga perlu mempersiapkan campuran semen yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan daun meja. Gunakan semen berkualitas premium seperti Semen Merah Putih agar hasil yang didapat lebih maksimal. Untuk membuat campuran semen, Anda hanya perlu mencampurkan semen, pasir, dan air. Kemudian letakkan cetakan secara terbalik dengan sisi yang terbuka menghadap ke atas, lalu tuangkan campuran semen secara merata ke dalam cetakan. Jangan lupa untuk menempatkan besi wiremesh di dalam cetakan agar hasil cetakan semen lebih kuat. Biarkan cetakan semen mengering sempurna selama sekitar beberapa hari.

  1. Pelepasan Cetakan dan Proses Finishing

Setelah semen mengering sempurna, lepaskan triplek dari cetakan semen. Hasil daun meja yang baru saja dilepaskan dari cetakan tentunya masih kasar, oleh karena itu Anda perlu melakukan finishing dengan menghaluskan sudut-sudut dan permukaan meja dengan menggunakan amplas. Untuk hasil meja semen yang maksimal, Anda dapat menambahkan lapisan cat pelindung batu alam atau marmer. Setelah daun meja selesai, Anda dapat memasang kaki meja. Umumnya kaki meja yang digunakan untuk meja berbahan semen adalah kaki meja kayu. Carilah kaki meja yang tebal dan kuat, karena daun meja yang dibuat dari semen umumnya memiliki bobot yang berat.

Apabila Anda menginginkan meja berbahan semen namun tidak menyukai bobotnya yang berat, Anda dapat membuat meja semen tiruan dengan memanfaatkan papan MDF (Medium Density Fibreboard). Untuk membuatnya, Anda hanya perlu merakit papan MDF menjadi bentuk daun meja yang Anda inginkan, lalu aplikasikan lapisan tipis campuran semen ke permukaan papan secara merata sampai papan MDF tertutup sempurna. Biarkan lapisan semen mengering sempurna selama 20 menit. Setelah itu, Anda dapat menambahkan kaki meja dan meja pun siap digunakan. Namun, meja semen tiruan ini memang tidak cukup kuat jika dibandingkan dengan meja semen asli, oleh karena itu meja tiruan ini umumnya hanya digunakan sebagai meja ruang tamu atau meja hiasan.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.