Beranda / Berita / Artikel / Tips renovasi rumah minimalis
Senin, Oktober 09 2017

Tips Renovasi Rumah Minimalis



Saat ini, konsep minimalis adalah salah satu konsep yang paling sering diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia. Rumah berkonsep minimalis umumnya mengutamakan tampilan yang rapi, bersih dan sederhana. Untuk itu, bentuk geometris seringkali diaplikasikan pada struktur rumah, dekorasi, maupun furnitur yang digunakan di rumah. Meskipun rumah minimalis memiliki bentuk yang cenderung simpel, renovasi rumah tetap harus dilakukan dengan maksimal. Anda dapat menerapkan tips berikut agar proses renovasi rumah lebih efektif:

  1. Pertahankan Konsep Minimalis pada Bangunan

Apabila rumah Anda berukuran kecil, konsep rumah minimalis adalah konsep yang paling aman untuk Anda aplikasikan. Oleh karena itu, saat merenovasi rumah kecil yang berkonsep minimalis, usahakan untuk tidak mengganti konsep bangunan. Jika Anda tetap ingin mengubah konsep, lakukanlah renovasi pada keseluruhan rumah, tidak hanya ruangan tertentu agar konsep bangunan terlihat merata dan tidak bertabrakan.

  1. Pertahankan Komposisi Furnitur pada Ruangan

Saat merenovasi rumah minimalis, ingatlah untuk mempertahankan komposisi furnitur pada ruangan. Umumnya, tidak banyak furnitur yang ditempatkan di ruangan dengan konsep minimalis. Penambahan furnitur yang berlebihan dapat membuat ruangan terlihat sempit dan menghilangkan kesan minimalis pada ruangan. Oleh karena itu, saat merenovasi rumah berkonsep minimalis, hindari menambahkan furnitur baru pada ruangan, terutama jika furnitur tersebut kurang fungsional. Apabila Anda ingin mengubah tampilan ruangan, Anda dapat mengganti furnitur yang sudah ada dengan furnitur baru yang berfungsi sama namun dengan tampilan yang berbeda.

  1. Gunakan Warna Cat Dinding yang Sesuai

Proses renovasi rumah minimalis memiliki banyak poin penting yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah pemilihan warna cat dinding. Perhatikan warna yang Anda gunakan untuk dinding ruangan karena warna dinding dapat mempengaruhi suasana ruangan. Gunakanlah warna-warna minimalis, seperti putih, abu-abu, coklat, dan warna-warna netral cerah lainnya, karena penggunaan warna yang terlalu terang dan mencolok dapat membuat ruangan terkesan lebih ramai.

  1. Buat Daftar Bagian Rumah yang Akan Direnovasi

Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, buatlah terlebih dahulu detail bagian rumah yang akan direnovasi dan jenis renovasi apa yang perlu dilakukan. Rumah berkonsep minimalis umumnya menonjolkan tampilan yang rapi dan simpel. Untuk menghindari renovasi yang berlebihan, pastikan Anda membuat rincian rencana renovasi terlebih dahulu dan melakukan renovasi sesuai rencana tersebut.

  1. Berikan Sentuhan Unik pada Ruangan

Ciri ruangan berkonsep minimalis adalah penggunaan furnitur yang simpel dan warna-warna netral. Namun terkadang hal tersebut dapat membuat ruangan terlihat monoton dan membosankan. Untuk menghindari ruangan terlihat membosankan, Anda dapat menambahkan sentuhan unik tertentu pada ruangan untuk menonjolkan kepribadian Anda. Contohnya, apabila Anda menggemari kerajinan tangan, Anda dapat menempatkan pajangan yang Anda buat sendiri untuk menghiasi ruangan. Sentuhan tersebut tidak akan merusak tampilan ruangan, namun tetap dapat membuat ruangan terlihat lebih unik dan tidak monoton.

Selain tips-tips di atas, material utama konstruksi juga dapat berpengaruh pada tampilan keseluruhan rumah minimalis, salah satunya untuk dinding rumah. Jenis rumah minimalis yang menonjolkan tampilan rapi dan simpel umumnya tidak menggunakan banyak furnitur dan hiasan, sehingga dinding menjadi pusat perhatian pada ruangan. Untuk hasil dinding yang lebih kuat dan tahan lama, pastikan Anda menggunakan bahan bangunan yang berkualitas premium seperti Semen Merah Putih.

 

 

 

 

 

 

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.