Beranda / Berita / Artikel / 5 jenis bahan bangunan untuk lantai rumah
Senin, September 25 2017

5 Jenis Bahan Bangunan untuk Lantai Rumah



Selain dinding dan atap, lantai juga merupakan bagian dari konstruksi rumah yang sangat krusial. Tampilan lantai dapat mempengaruhi tampilan, suasana, maupun ketahanan konstruksi bangunan. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih material lantai yang digunakan, agar tampilannya tetap sesuai dengan konsep rumah Anda. Berikut ini beberapa alternatif material yang dapat Anda gunakan untuk lantai rumah Anda :

  1. Keramik

Keramik adalah jenis lantai yang paling sering digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia karena banyaknya pilihan warna, bentuk, pola, hingga tekstur yang tersedia. Lembaran keramik terbuat dari tanah liat atau clay yang dibentuk dan dibakar pada suhu tertentu sampai mengeras, kemudian diberikan lapisan untuk menambahkan tekstur, warna, dan pola unik pada keramik. Bahan dasar keramik yang terbuat dari tanah liat membuat jenis lantai ini tidak meneruskan panas, sehingga ruangan yang lantainya dipasangi keramik cenderung lebih sejuk.

  1. Kayu

Jenis lantai lainnya yang banyak digemari adalah lantai dengan bahan dasar kayu. Umumnya, lantai berbahan dasar kayu digemari karena nilai estetikanya tinggi, dan tampilannya membuat hunian tampak lebih nyaman dan hangat. Lantai kayu alami biasa disebut hard wood floor dan terbuat dari kayu pohon yang diolah tanpa adanya pencampuran bahan lain, sehingga kualitas lantai hard wood floor ini terbilang sangat baik. Umumnya, pohon yang kayunya digunakan untuk bahan dasar lantai adalah pohon jati, merbau, dan oak. Meskipun begitu, pemasangan lantai kayu umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Material ini juga kurang tahan benturan dan tidak dapat meredam suara dengan baik.

  1. Vinyl

Vinyl adalah jenis lantai yang dibuat dari bahan dasar polyvinyl chloride, yaitu material yang biasanya digunakan untuk membuat paralon PVC. Lantai vinyl, atau yang biasa disebut juga laminated flooring, adalah jenis lantai yang dapat menjadi pilihan apabila Anda menginginkan lantai yang modern, modis, elegan, namun tetap hemat biaya. Umumnya vinyl tersedia dalam motif lantai kayu, namun ada beberapa motif lain yang juga tersedia, seperti batuan alam, kulit hewan, sampai keramik. Selain itu, lantai vinyl juga mudah dipasang dan cocok digunakan di berbagai ruangan, mulai dari dapur, kamar mandi, ruang keluarga, sampai ruang bermain anak. Namun, lantai vinyl mudah rusak apabila terkena benda tajam, sehingga peletakan dan pemindahan furnitur di ruangan dengan lantai vinyl perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

  1. Batu Alam

Lantai dengan bahan batu alam umumya identik dengan eksterior rumah. Padahal, batu alam juga dapat Anda gunakan untuk mempercantik lantai dalam hunian Anda. Untuk menggunakan batu alam sebagai interior rumah, Anda hanya perlu memilih jenis batu alam yang cocok, karena jenis dan tekstur permukaan yang cocok untuk eksterior dan interior rumah tentunya berbeda. Pilihlah lantai batu alam dengan permukaan yang licin dan pola yang menarik untuk interior rumah, seperti batu granit, batu marmer, limestone, dan batu andesit. Penggunaan batu alam seperti ini dapat membuat lantai rumah Anda terlihat lebih klasik dan elegan. Namun, material ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain harganya yang mahal, pemasangan lantai yang rumit, dan permukaan lantai yang mudah licin ketika basah.

  1. Teraso

Jenis lantai lainnya yang dapat menjadi pilihan namun belum terlalu sering digunakan adalah teraso. Material ini seringkali digunakan sebagai penutup lantai maupun dinding. Lantai jenis ini terbuat dari pencampuran semen dan pasir yang bagian permukaannya kemudian diberi lapisan berupa kombinasi kulit kerang hingga pecahan marmer sehingga permukaannya memiliki corak dan tekstur unik. Jenis lantai ini memiliki warna dan motif yang bervariasi, tidak menimbulkan alergi, memiliki kekuatan yang cukup tinggi, serta tidak mudah terbakar. Namun, jenis lantai ini pemasangannya cukup sulit, sehingga perlu dipasang oleh ahlinya. Selain itu, permukaan lantai ini umumnya kasar sehingga tidak nyaman untuk berjalan di atasnya dengan kaki telanjang.

Selain kelima bahan bangunan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan bahan bangunan utama konstruksi seperti semen, untuk menciptakan tampilan lantai semen ekspos. Lantai semen ekspos dapat menjadi pilihan lain karena jenis lantai ini cocok digunakan pada berbagai konsep rumah. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan lantai semen ekspos, jangan lupa gunakan semen berkualitas premium seperti Semen Merah Putih agar hasilnya lebih kuat dan tahan lama.

 

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.