Beranda / Berita / Artikel / 4 tips efektif renovasi rumah tua
Senin, Juli 10 2017

4 Tips Efektif Renovasi Rumah Tua



Setiap bangunan, terutama rumah, pasti memliki cerita tersendiri. Rumah yang sudah tua dan lama ditinggali umumnya menyimpan banyak kenangan yang membuat sang pemilik enggan menjual rumah tersebut. Namun, rumah tua cenderung memberikan kesan yang kuno, lusuh, atau bahkan seram. Untuk menghilangkan kesan-kesan tersebut, Anda dapat merenovasi rumah agar terlihat lebih modern. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti jika Anda ingin merenovasi rumah tua:

  1. Buat Perencanaan Desain, Denah, dan Anggaran

Untuk menghindari pengeluaran berlebih dan renovasi yang tidak perlu, Anda perlu menetapkan rencana terlebih dahulu. Rencanakanlah desain, denah, dan anggaran renovasi Anda matang-matang sebelum memulai proses renovasi. Perencanaan desain dan denah dapat membantu Anda berfokus pada bagian yang ingin direnovasi dan tujuan renovasi. Dengan perencanaan anggaran, Anda dapat menentukan bahan bangunan yang akan digunakan sejak awal sehingga tidak terjadi pembelian yang berlebihan. Saat memilih bahan bangunan, pilihlah bahan bangunan berkualitas untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Saat memilih semen, pilihlah semen berkualitas premium yang sudah teruji kualitasnya, seperti Semen Merah Putih.

  1. Hanya Renovasi Bagian Rumah yang Diperlukan

Apabila rumah Anda tidak mengalami kerusakan parah atau berusia lebih dari 50 tahun, lakukanlah renovasi hanya di bagian-bagian rumah yang memerlukan renovasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran biaya yang tidak diperlukan. Sebelum memulai renovasi, perhatikan terlebih dahulu seluruh bagian rumah, dan tentukan bagian-bagian yang memerlukan renovasi. Proses renovasi tidak perlu dilakukan sekaligus dalam satu waktu, Anda dapat memulai renovasi dari bagian-bagian yang paling parah dan bagian yang terlihat oleh tamu.

  1. Pilih Furnitur yang Tepat

Salah satu tujuan utama yang ingin dicapai saat renovasi rumah tua adalah untuk menghilangkan kesan kuno dan tua rumah. Untuk merubah kesan tersebut, Anda tidak perlu merenovasi keseluruhan ruangan. Anda hanya perlu memilih furnitur yang tepat untuk melengkapi ruangan. Gantilah furnitur-furnitur lama dengan furnitur yang minimalis dan modern. Namun saat menentukan furnitur, pastikan Anda telah mempertimbangkan bentuk, warna, dan ukurannya terlebih dahulu karena proporsi furnitur terhadap ruangan dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan ruangan. Tidak hanya itu, furnitur yang dipilih juga perlu disesuaikan dengan konsep ruangan dan konsep bangunan secara keseluruhan. Hindari membeli terlalu banyak furnitur karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat penuh dan sesak.

  1. Dekorasi Ulang Dinding

Saat merenovasi rumah, jangan lupa untuk memperhatikan bagian dinding rumah. Tampilan dinding yang cantik dapat membuat keseluruhan ruangan terlihat lebih menarik. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendekorasi ulang dinding. Apabila dinding sudah rusak, Anda mungkin perlu menambalnya terlebih dahulu sebelum mendekorasi ulang, namun jika dinding rumah masih dalam keadaan baik, Anda dapat langsung mendekorasinya. Cat, wallpaper, mural, relief, dan keramik mozaik adalah beberapa contoh dekorasi dinding yang dapat Anda gunakan. Kebanyakan rumah tua memiliki bentuk lekukan dinding dan langit-langit yang menarik. Anda dapat memanfaatkan lekukan ini sebagai pemanis dinding yang tidak terlalu mencolok dengan menggunakan satu warna semen pada keseluruhan ruangan. Saat memilih cat, pilihlah cat yang memiliki hasil akhir matte, bukan glossy. Cat dengan hasil akhir glossy dapat menonjolkan kerusakan-kerusakan yang mungkin masih terdapat pada dinding.

Sentuhan modern yang diberikan dapat membuat hunian Anda terlihat lebih up to date dan tidak tertinggal zaman. Renovasi rumah adalah cara yang efektif untuk mengubah tampilan rumah tanpa perlu berpindah dan meninggalkan kenangan yang tersimpan di rumah.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.