Beranda / Berita / Artikel / 4 kesalahan umum saat renovasi yang perlu dihindari
Senin, September 11 2017

4 Kesalahan Umum Saat Renovasi yang Perlu Dihindari



Renovasi rumah adalah sebuah proses yang membutuhkan anggaran cukup besar dan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu meminimalisir kesalahan saat renovasi untuk menghindari pengeluaran tambahan di kemudian hari. Terdapat beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan saat renovasi dan dapat menyebabkan kerugian, di antaranya sebagai berikut:

1. Memilih Mebel Tanpa Pertimbangan Matang

Renovasi adalah waktu untuk Anda mengatur kembali mebel dan material yang akan digunakan dalam ruangan. Anda dapat menggunakan mebel lama Anda, atau membeli mebel baru untuk membuat ruangan terlihat lebih rapi dan berbeda. Saat memilih mebel, jangan lupa untuk memperhatikan proporsi ruangan dan mebel. Sebelum menempatkan mebel, Anda perlu terlebih dahulu memperhatikan ukuran mebel dan ruangan. Mebel yang terlalu besar di ruangan yang mungil, atau karpet yang terlalu kecil di ruangan yang luas, dapat merusak tampilan keseluruhan ruangan. Hindari kesalahan ini dengan membeli mebel yang tidak hanya sesuai dari segi konsep, namun juga dari segi ukuran.

2. Tidak Memperhatikan Alur Aktivitas Ruangan

Kesalahan kedua yang sering sekali dilakukan saat merenovasi ruangan adalah renovasi yang dilakukan tanpa memperhatikan alur aktivitas ruangan. Penataan ruangan perlu Anda sesuaikan dengan rutinitas yang Anda lakukan di ruangan tersebut. Contohnya saat renovasi dapur, Anda perlu memperhatikan letak kompor, kulkas, bak cuci piring, dan rak penyimpanan piring. Letak rak penyimpanan yang terlalu jauh dari bak cuci dapat mengganggu efisiensi kegiatan yang Anda lakukan di ruangan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan ruang gerak Anda, karena penempatan mebel yang tidak tepat dapat membatasi ruang gerak dalam ruangan.

3. Mengesampingkan Urusan Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan ruangan adalah hal yang krusial dan perlu diperhatikan saat renovasi. Sebelum merenovasi ruangan, pastikan Anda mempertimbangkan pencahayaan ruangan, baik pencahayaan alami maupun buatan. Sediakan cukup ruang untuk jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan ketika siang hari, dan pertimbangkan kabel lampu, letak saklar dan lokasi colokan listrik yang strategis di sekitar ruangan. Pastikan Anda meletakkan lampu di lokasi yang dekat dengan colokan listrik, karena kabel yang melintang dapat merusak penampilan keseluruhan ruangan Anda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan peletakkan lampu dengan fungsi, latar belakang, dan furnitur di sekitarnya.

4. Mengikuti Lebih dari Satu Jenis Tren

Renovasi rumah adalah saat di mana Anda dapat bereksperimen dengan konsep dan tren rumah baru. Meskipun begitu, pastikan Anda menentukan hanya satu jenis tren untuk diikuti, dan pastikan tren tersebut sesuai dengan konsep keseluruhan hunian Anda, karena penerapan lebih dari satu jenis tren sekaligus dalam satu ruangan dapat membuat ruangan Anda terlihat penuh dan berlebihan.

Keempat hal di atas adalah kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan saat renovasi, baik secara sadar maupun tidak. Oleh karena itu, sebelum memulai proses renovasi ruangan, pastikan bahwa Anda tidak hanya memperhatikan perencanaan anggaran, namun juga perhatikan perencanaan mebel, aktivitas dalam ruangan, pencahayaan ruangan, dan konsep ruangan agar Anda dapat menghindari kesalahan di atas. Selain itu, untuk menghindari bertambahnya pengeluaran untuk renovasi ulang di kemudian hari, pastikan Anda menggunakan material konstruksi yang berkualitas seperti Semen Merah Putih, semen berkualitas premium yang memberikan hasil bangunan yang lebih kuat dan tahan lama.

 

 

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.