Beranda / Berita / Artikel / Membangun rumah elegan dari bahan bangunan alami
Senin, Oktober 30 2017

Membangun Rumah Elegan dari Bahan Bangunan Alami




Saat ini, bahan bangunan dari alam mulai digemari banyak orang. Umumnya, bahan bangunan alami digunakan untuk menambahkan sentuhan hangat pada rumah modern yang umumnya cenderung terlihat dingin dan kaku. Selain dapat menonjolkan kesan hangat dan alami pada hunian, bahan bangunan alami juga dapat memunculkan kesan elegan dengan pemilihan material, padu padan, dan penempatan yang tepat. Namun, tidak semua orang memahami hal ini, sehingga kesan elegan yang diharapkan pun tidak muncul. Apabila Anda ingin memunculkan kesan elegan pada rumah dengan menggunakan bahan bangunan alami, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut: 

  1. Tonjolkan Tampilan Batu Alam pada Bangunan

Penggunaan batu alam dapat menonjolkan kesan alami pada bangunan Anda, namun juga dapat membuat rumah Anda terkesan lebih elegan. Sebelum menggunakan batu alam pada bangunan Anda, perhatikan terlebih dahulu penempatannya. Hindari penggunaan material batu alam pada ruangan yang mudah terkena kotoran, seperti dapur dan garasi. Gunakanlah batu alam untuk kamar mandi, dinding teras, maupun taman. Ada banyak jenis batu alam yang dapat Anda gunakan untuk pembangunan, namun yang paling sering digunakan untuk memunculkan kesan elegan adalah batu marmer dan batu alam berwarna gelap seperti batu candi dan batu granit berwarna gelap.

  1. Gunakan Atap Sirap Kayu Ulin

Untuk atap bangunan, Anda dapat menggunakan atap sirap dari kayu ulin. Material ini umumnya digunakan untuk gazebo. Kayu ulin dapat menahan hawa panas dari sinar matahari. Selain itu, material ini juga dapat memberikan kesan elegan tertentu pada rumah. Material ini juga tergolong kuat dan tahan lama, sehingga risiko kerusakan juga berkurang. Harga atap sirap berbahan kayu ulin memang tergolong lebih mahal dibandingkan material lain, oleh karena itu material ini umumnya digunakan oleh kalangan menengah ke atas.

  1. Berikan Sentuhan Kayu pada Ruangan

Bahan bangunan alami lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat rumah Anda terkesan elegan adalah kayu. Saat memilih kayu, pastikan Anda memilih kayu yang alami dan berkualitas tinggi, karena tekstur kayu alami dapat membuat ruangan terkesan elegan dan eksklusif. Biarkan motif kayu alami terlihat dan jangan lapisi kayu dengan cat berwarna, karena cat berwarna dapat menutupi keindahan motif alami kayu.

  1. Manfaatkan Bambu untuk Sentuhan Oriental

Selain kayu, Anda juga dapat memanfaatkan bambu untuk bangunan. Meskipun bambu lebih murah dan mudah didapat, hal tersebut bukan berarti bahwa material ini tidak dapat terlihat elegan. Untuk menonjolkan kesan elegan pada bambu, Anda dapat memanfaatkan pencahayaan ruangan. Gunakanlah lampu berwarna hangat, seperti kuning atau warm white yang mengarah ke bagian bambu pada bangunan untuk menonjolkan kesan elegan.

Tips-tips di atas dapat Anda gunakan untuk memunculkan kesan elegan pada bangunan yang menggunakan bahan bangunan alami. Jangan lupa gunakan cat atau pelapis pelindung pada bahan bangunan alami Anda, agar bangunan Anda senantiasa terlihat cantik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bahan bangunan utama yang digunakan untuk struktur bangunan, karena pemilihan bahan bangunan ini dapat mempengaruhi kualitas keseluruhan bangunan. Contohnya saat memilih semen, pastikan Anda memilih semen dengan kualitas premium seperti Semen Merah Putih untuk hasil bangunan yang kuat dan tahan lama.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.