Beranda / Berita / Artikel / Cara mudah dan efektif renovasi ruang tamu
Senin, Agustus 21 2017

Cara Mudah dan Efektif Renovasi Ruang Tamu



Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang paling krusial dalam setiap rumah. Ruangan ini umumnya terletak di bagian terdepan rumah dan sering sekali dikunjungi atau dilewati penghuni maupun tamu. Dinding yang warnanya telah memudar, atap yang bocor, atau furnitur yang rusak tentu dapat mengganggu tampilan ruang tamu Anda. Oleh karena itu, agar ruang tamu rumah senantiasa terlihat rapi dan cantik, Anda perlu melakukan renovasi ruangan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merenovasi ruang tamu dengan mudah dan efektif, di antaranya sebagai berikut:

1. Manajemen Waktu yang Tepat

Saat merenovasi ruang tamu, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah manajemen waktu. Banyak orang berpikir bahwa renovasi ruang tamu mudah, tidak memerlukan perencanaan tertentu, serta dapat dilakukan dengan cepat. Padahal, meskipun renovasi ini hanya dilakukan pada satu ruangan, Anda tetap membutuhkan perencanaan yang baik. Sebelum memulai proses renovasi ruang tamu, buatlah rencana anggaran dan konsep desain dengan matang. Rencana anggaran diperlukan untuk membantu Anda mengatur dan membatasi pengeluaran saat renovasi, sedangkan konsep desain diperlukan untuk menentukan jenis dan jumlah bahan bangunan maupun furnitur yang diperlukan untuk proses renovasi.

2. Pemberian Sentuhan Warna yang Menarik

Cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah tampilan ruang tamu Anda adalah dengan memberikan sentuhan warna tertentu pada ruangan. Sentuhan warna ini dapat Anda terapkan pada cat dinding ruangan. Untuk menciptakan suasana ruangan yang lapang, bersih, lega dan nyaman, Anda dapat memilih cat tembok dengan warna netral yang cerah, seperti putih dan krem. Apabila Anda menginginkan tampilan ruang tamu dengan kesan industrial, Anda dapat menggunakan dinding semen ekspos. Umumnya, ruang tamu dihiasi dengan banyak lukisan atau foto yang digantung di dinding. Oleh karena itu, gunakanlah warna dinding yang polos dan tidak mencolok untuk menghindari kesan terlalu ramai pada ruangan.

3. Pemilihan Furnitur Ruang Tamu

Hal terakhir yang penting diperhatikan saat merenovasi ruang tamu adalah pemilihan furnitur. Saat memilih furnitur, pastikan Anda mempertimbangkan konsep ruangan dan keselarasan furnitur terhadap warna ruangan terlebih dahulu. Hindari menggunakan furnitur yang warnanya tidak selaras dengan warna dinding, karena hal ini dapat merusak estetika keseluruhan ruang tamu Anda. Untuk memberikan kesan luas, bersih, dan lega pada ruang tamu, aplikasikanlah konsep minimalis pada furnitur Anda, seperti sofa, meja, rak, maupun pintu dan jendela. Selain itu, untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih luas, Anda dapat menggunakan jendela berukuran besar yang memungkinkan masuknya sinar matahari.

Saat ini, konsep ruang tamu yang minimalis dan elegan menjadi cukup populer, terutama pada rumah-rumah dengan ukuran kecil karena konsep ini dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Penggunaan warna netral dan furnitur simpel juga dapat membuat ruangan mudah diatur dan didekorasi. Selain tampilan ruang tamu, hal lainnya yang penting dan perlu diperhatikan adalah kekuatan bangunan. Bangunan yang kuat dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan di kemudian hari dan tentunya menghemat biaya perbaikan bangunan. Untuk hasil bangunan yang kuat dan tahan lama, gunakanlah semen berkualitas premium, seperti Semen Merah Putih.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.