Beranda / Berita / Artikel / Cara memperindah dinding semen dengan relief
Senin, Juni 26 2017

Cara Memperindah Dinding Semen dengan Relief



Setiap orang pasti menginginkan hunian yang nyaman dan indah dilihat. Oleh karena itu, dekorasi rumah bukanlah suatu hal yang dapat disepelekan. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga dapat menjadi tempat menuangkan ide kreasi sang pemilik. Namun, banyak orang beranggapan rumah dengan ukuran kecil tidak dapat dikreasikan dengan maksimal, karena pada umumnya dekorasi rumah identik dengan penataan dan pemilihan mebel, penataan taman, penambahan kolam atau air mancur di taman, serta penambahan hiasan seperti tanaman hias. Hal-hal tersebut tentunya membutuhkan ruang yang cukup, lalu bagaimana dengan rumah yang berukuran kecil?

Untuk memperindah tampilan rumah sederhana, Anda dapat mensiasatinya dengan mendekorasi dinding semen rumah Anda. Anda dapat mendekorasi dinding dengan memberi lapisan cat, wallpaper, ataupun mural. Ingin tampilan dinding yang lebih unik dan atraktif? Anda dapat memanfaatkan teknik relief dan menjadikan dinding sebagai elemen utama dekorasi rumah.

Relief adalah seni pahatan yang diaplikasikan pada dinding bangunan. Di Eropa, seni relief sering sekali digunakan sebagai penghias bangunan. Contoh relief juga dapat terlihat pada bangunan-bangunan kuno seperti candi. Model atau bentuk relief berbeda-beda karena polanya disesuaikan dengan konsep bangunan. Pada umumnya, relief tidak diberi warna karena strukturnya sendiri sudah cukup menonjol, namun ada juga relief bangunan yang diberikan warna dengan menggunakan cat dinding.

Sebelum membuat relief, rencanakan terlebih dahulu ukuran, konsep, dan lokasi dinding yang akan diberi relief. Sesuaikan warna relief dengan warna plafon dan warna dasar dinding rumah Anda. Apabila Anda ingin warna relief yang berbeda dari warna dinding, usahakan Anda menggunakan warna-warna netral, seperti hitam, putih, abu-abu, dan sejenisnya. Setelah menentukan konsep dan warna untuk relief, Anda dapat mulai memikirkan jenis desain yang diinginkan. Terdapat banyak pilihan desain yang biasa digunakan untuk relief, seperti lukisan pemandangan alam, tulisan kuno, bunga-bunga, kaligrafi arab, dan gambaran aktivitas sosial yang  menggambarkan cerita. Gambaran aktivitas sosial yang menggambarkan cerita tersendiri biasanya digunakan pada bangunan kuno seperti candi. Tidak hanya itu, apabila Anda memiliki rumah yang berkonsep modern, Anda juga dapat membuat relief dengan desain yang modern, seperti bentuk simetris atau abstrak.

Relief umumnya tidak diaplikasikan pada seluruh bagian dinding rumah. Penempatan relief yang berlebihan dapat membuat rumah terkesan penuh dan membuat ruangan terasa lebih kecil. Pilihlah satu area tertentu untuk diberi relief, seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, garasi, atau taman. Hindari pengaplikasian relief pada lebih dari satu sisi dinding di ruangan yang sama. Pilihlah salah sisi tertentu agar relief tersebut dapat menonjol.

Untuk membuat relief, sebaiknya bicarakanlah rencana Anda dengan seorang ahli agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Namun apabila Anda memutuskan untuk membuat relief sendiri, Anda dapat menggunakan stensil yang banyak dijual untuk mempermudah proses pembuatan relief. Namun bentuk stensil yang tersedia cukup terbatas, maka apabila Anda ingin berkreasi dengan lebih bebas, sewalah seorang ahli untuk membuat relief pada hunian Anda.

Selain sebagai salah satu solusi dekorasi untuk rumah berukuran kecil, relief juga dapat memperindah rumah berukuran besar. Untuk ruangan yang cukup besar, buatlah relief dengan ukuran besar di tengah ruangan agar terlihat lebih menonjol. Sebelum menambahkan relief pada dinding semen, pastikan dinding Anda kuat, agar hasil relief juga dapat bertahan lama. Untuk menghasilkan dinding semen yang kuat dan tahan lama, pastikan Anda menggunakan semen berkualitas premium seperti Semen Merah Putih untuk bangunan Anda.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.