Beranda / Berita / Artikel / 5 jenis bahan bangunan untuk partisi ruangan
Senin, September 18 2017

5 Jenis Bahan Bangunan untuk Partisi Ruangan



Dinding umumnya bersifat permanen dan terbuat dari material yang berat seperti batu bata yang dilapisi semen. Dinding permanen memang lebih kuat, namun pada bagian rumah tertentu, penambahan dinding jenis ini dapat membuat ruangan terlihat sempit. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan bangunan berikut untuk membuat partisi ruangan temporer yang fleksibel dan multifungsi:

  1. Kayu

Material kayu umumnya digunakan sebagai bingkai sekat atau partisi ruangan untuk material lain seperti kaca, fiber, kain, maupun kertas. Material ini memang sangat cocok jika dipadukan dengan material lain, terutama yang memiliki nuansa lebih dingin seperti kaca. Selain sebagai bingkai partisi, material kayu juga dapat digunakan sebagai bahan utama untuk partisi ruangan dengan menyusun balok-balok kayu secara horizontal maupun vertikal. Jarak antar balok dapat disesuaikan tergantung kebutuhan dan preferensi Anda. Apabila Anda ingin partisi yang lebih tertutup, maka susunlah balok dengan jarak yang lebih sempit, begitupun sebaliknya. Kayu yang digunakan untuk partisi ruangan umumnya perlu diberi pelitur atau finishing melamik untuk menonjolkan motif serat-serat kayu.

  1. Bambu

Alternatif material partisi alami yang sering digunakan selain kayu adalah material bambu. Material ini dapat menambahkan sentuhan kesan oriental dan klasik kepada ruangan, dengan tetap memberikan kesan hangat dan alami layaknya kayu. Untuk menggunakan bambu sebagai partisi ruangan, Anda dapat menempelkan sejumlah bambu dengan ukuran yang sama sampai menjadi lembaran, dan tempelkan pada rangka partisi yang dapat Anda buat dari bambu atau material lainnya. Bambu adalah material yang cukup mudah lapuk, oleh karena itu jangan lupa untuk melapisi partisi bambu dengan cat pelindung terlebih dahulu. Ulangi proses pelapisan ini secara berkala untuk menjaga kualitas bambu.

  1. Gipsum

Material partisi selanjutnya adalah gipsum. Material ini memiliki kelebihan tertentu dibanding partisi ruangan lainnya, yaitu material ini dapat meredam suara. Tambahkan glasswool pada gipsum untuk membuat partisi ruangan yang dapat meredam suara dan memberikan privasi tertentu di dalam rumah. Partisi gipsum dapat digunakan untuk membatasi dapur, karena partisi gipsum dapat meredam suara kebisingan dari kegiatan di dapur, asap, hawa panas, maupun bau kurang sedap dari dapur. Selain itu, partisi gipsum juga dapat digunakan untuk membatasi wastafel atau area pintu kamar mandi sekaligus meredam suara yang kurang nyaman dari kamar mandi ke ruangan lainnya.

  1. Kaca

Apabila rumah Anda memiliki konsep yang futuristik dan modern, Anda dapat menggunakan partisi berbahan dasar kaca. Partisi kaca yang ketebalannya lebih dari 10 mm dapat berdiri sendiri, namun apabila ketebalannya kurang dari itu, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan bingkai atau frame dari bahan lain yang kuat seperti besi dan kayu. Partisi yang terbuat dari material kaca dapat membuat ruangan terlihat tetap menyatu antara satu sama lain, dan material partisi dari cermin dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.

  1. Kain

Material lainnya yang dapat Anda gunakan untuk partisi adalah kain. Kain yang umumnya digunakan untuk partisi ruangan adalah  berupa tirai yang memiliki warna, corak, dan tekstur yang beragam. Warna, corak, dan tekstur kain dapat Anda sesuaikan dengan konsep bangunan Anda. Partisi ruangan dari kain sudah lama digunakan dan masih sangat digemari karena selain sebagai pembatas ruangan, partisi dari kain juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Sebelum menentukan jenis pembatas yang akan digunakan, pastikan Anda terlebih dahulu menentukan fungsi utama pembatas tersebut. Jika Anda membutuhkan partisi yang lebih ringan dan dapat dipindah-pindah, Anda dapat menggunakan partisi temporer. Namun apabila Anda ingin memberikan privasi lebih kepada suatu ruangan, tentunya Anda membutuhkan partisi permanen berupa tembok yang umumnya terbuat dari batu dan semen. Untuk mengurangi risiko kerusakan di kemudian hari, pastikan menggunakan material bangunan yang telah teruji kualitasnya. Contohnya untuk semen, gunakanlah semen berkualitas premium seperti Semen Merah Putih.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.