Beranda / Berita / Artikel / 4 tips renovasi dapur berukuran kecil
Senin, Oktober 02 2017

4 Tips Renovasi Dapur Berukuran Kecil



Salah satu masalah yang sering dihadapi para pemilik rumah berukuran kecil adalah ruang dapur yang terlalu sempit. Masalah tersebut seringkali membuat pemilik rumah kebingungan saat menata dapur, karena keterbatasan ruang dianggap dapat membatasi fungsi dapur. Padahal, Anda tetap dapat memaksimalkan fungsi dapur dengan mengikuti tips-tips berikut saat renovasi:

  1. Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Meskipun dapur Anda berukuran kecil, Anda tetap memaksimalkan fungsi ruangan tersebut. Gunakanlah kabinet atau lemari yang sesuai dengan konsep ruangan untuk membuat dapur terlihat lebih rapi dan tertata. Saat merenovasi dapur, Anda dapat menambahkan kabinet baru, mengubah bentuk kabinet, atau cukup mengecat ulang kabinet yang sudah ada. Saat menempatkan kabinet pada dapur, pastikan untuk memaksimalkan penggunaan ruangan yang tersedia, terutama sudut ruangan. Anda dapat menempatkan lemari atau rak berdesain khusus pada sudut ruangan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Gunakanlah lemari dengan desain minimalis tanpa gagang atau dengan gagang yang simpel untuk menghemat ruangan.

  1. Maksimalkan Dinding Dapur

Untuk memaksimalkan dinding dapur, Anda dapat meninggikan bagian plafon dapur agar ruangan terlihat lebih luas. Gunakanlah lemari bertingkat yang tinggi untuk menambah ruang penyimpanan. Lemari bagian teratas dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang dapur yang jarang digunakan. Jangan lupa untuk memberikan sedikit ruang antara lemari dan atap ruangan untuk mencegah ruangan terasa sempit. Selain itu, manfaatkan ruang kosong pada dinding Anda untuk memasang gantungan maupun rak gantung. Anda dapat menggunakan gantungan dengan kait untuk menggantung alat dapur yang sering digunakan seperti panci, wajan, dan spatula. Anda juga dapat memanfaatkan rak pisau magnetik untuk menambah ruang penyimpanan dengan tetap mempertahankan konsep ruangan yang minimalis.

  1. Fokus Menggunakan Konsep Minimalis

Saat merenovasi dapur dengan ukuran kecil, pastikan Anda berfokus pada penggunaan konsep minimalis. Lemari yang terlalu besar dan memiliki bentuk yang terlalu rumit dapat membuat dapur Anda terlihat penuh dan sempit. Gunakanlah lemari dan furnitur dapur yang simpel dan berwarna netral untuk menghindari kesan ramai pada dapur. Hindari penggunaan terlalu banyak dekorasi berupa pajangan, karena hal tersebut dapat mengurangi ruang yang tersedia pada dapur Anda. Apabila konsep rumah Anda bukan merupakan konsep minimalis, Anda dapat menambahkan sentuhan tertentu pada dapur melalui warna cat dinding atau furnitur.

  1. Kurangi Pembatas Ruangan

Hal lain yang bisa membuat dapur mungil Anda terlihat lebih rapi dan luas adalah dengan mengurangi pembatas ruangan. Pembatas ruangan, terutama pembatas ruangan permanen, dapat membuat dapur Anda terlihat lebih sempit. Untuk tampilan dapur yang lebih luas, Anda dapat menggunakan pembatas ruangan temporer. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan material pembatas ruangan yang digunakan, karena setiap pembatas ruangan tentunya memiliki fungsi yang berbeda.

Dengan mengikuti keempat tips di atas, Anda dapat memaksimalkan proses renovasi dapur untuk mengubah dapur kecil Anda menjadi dapur yang fungsional dan lengkap, namun tetap terlihat rapi dan tertata. Saat merenovasi dapur, jangan lupa untuk memperhatikan struktur atau bentuk ruangan. Apabila diperlukan, Anda dapat mengubah bentuk ruangan dapur untuk memaksimalkan penggunaan rak atau lemari. Saat mengubah bentuk ruangan, gunakanlah material yang berkualitas agar hasil renovasi Anda tidak cepat rusak. Untuk material semen, gunakanlah semen berkualitas premium, seperti Semen Merah Putih.

Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.