Beranda / Berita / Artikel / 4 jenis bahan bangunan untuk tangga rumah
Senin, November 06 2017

4 Jenis Bahan Bangunan untuk Tangga Rumah



Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, tangga tentunya menjadi bagian rumah yang amat krusial. Selain memiliki fungsi sebagai penghubung antar lantai, tangga umumnya juga menjadi fokus utama pada bangunan. Tangga yang cantik banyak bentuk dan material tangga yang dapat Anda pilih, mulai dari bentuk melingkar, berulir, maupun yang berbahan berbahan dasar kaca, granit, hingga tangga beton. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, Anda dapat menyesuaikan bentuk dan bahan dasar tangga dengan konsep rumah maupun kepribadian Anda. Meskipun begitu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bentuk dan material yang Anda gunakan tidak mengurangi fungsi tangga itu sendiri. Saat memilih material untuk tangga, pilihlah material yang sesuai dengan konsep tampilan rumah Anda. Berikut ini adalah bahan bangunan untuk tangga yang dapat Anda gunakan:

  1. Kayu untuk Hunian Khas Tradisional

Salah satu material yang paling sering digunakan untuk bahan material tangga adalah kayu. Material ini digemari tidak hanya karena penampilannya yang alami dan tradisional, namun juga karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan material lainnya. Kayu memiliki sifat yang kuat dan mudah digunakan untuk konstruksi, serta dapat memberikan sentuhan hangat pada hunian Anda. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan material kayu, pastikan Anda mengetahui jenis kayu yang akan Anda gunakan. Pemilihan kayu dapat disesuaikan dengan biaya konstruksi Anda. Apabila Anda memiliki biaya yang cukup banyak, Anda dapat menggunakan kayu oak. Namun apabila Anda ingin menghemat biaya, Anda dapat menggunakan triplek sebagai alternatif yang lebih terjangkau.

  1. Kaca untuk Tampilan Rumah yang Luas

Material kaca adalah pilihan yang tepat untuk hunian berukuran kecil. Tangga berbahan dasar kaca memungkinkan sinar menembus tangga dengan mudah sehingga dapat membuat ruangan terlihat terang dan luas. Tidak hanya itu, material kaca juga dapat memberikan sentuhan glamor pada rumah berkonsep modern. Namun, material ini dianggap cukup mahal karena sifat kaca yang mudah tergores sehingga material ini membutuhkan perawatan ekstra.

  1. Logam untuk Tampilan Rumah yang Tegas

Saat memilih material logam untuk tangga rumah, Anda dapat memilih logam dari beragam tekstur yang ada, mulai dari logam bertekstur kasar, halus, sampai logam berwarna. Logam memiliki tampilan yang lebih ringan dibandingkan kayu dan beton, sehingga cocok digunakan pada tangga berbentuk melingkar atau lurus. Selain itu, bahan logam juga dapat menyesuaikan diri dengan naik turunnya suhu ruangan, sehingga cocok digunakan di dalam maupun luar rumah. 

  1. Beton untuk Tampilan yang Dingin dan Kuat

Beton adalah bahan bangunan yang umumnya digunakan untuk membuat tangga dengan tampilan dingin, kuat, dan modern. Kelebihan utama dari penggunaan beton sebagai bahan dasar tangga adalah kemudahannya untuk dibentuk sesuai keinginan dan kebutuhan. Umumnya, material beton digunakan untuk tangga berbentuk lurus, bengkok dan melingkar. Untuk membuat tangga, umumnya digunakan beton pracetak yang sudah dibentuk sebelumnya. Anda dapat menggunakan produk beton pracetak dari Merah Putih Beton yang memiliki kualitas premium untuk hasil konstruksi tangga yang kuat dan tahan lama.

Selain mempertimbangkan bahan bangunan yang digunakan untuk tangga, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan aspek-aspek lainnya seperti desain, luas ruang, kenyamanan, keamanan, dan biaya pembuatan tangga Anda.
Share this page
 
TERBARU DARI KAMI
HUBUNGI KAMI
Gama Tower Lt. 43
Jl. HR. Rasuna Said Kav.C-22,
Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 2188 9999
Fax: +62 21 2188 9991
 
phone logo
 
Layanan Bebas Pulsa
0800-1-12-1111
   
Copyright © 2016 PT Cemindo Gemilang. All Rights Reserved.